selamat datang di blogger dewi fatmawati

MATERI KELAS XII


  1. Langkah-langkah membuat kartu nama :

  2. 1. BukaCoreldraw - New - Buatlah kotak menggunakan Rectangle Tool dengan ukuran 9 x 5,5 cm (salah satu ukuran standart kartu nama)

    Kotak dengan ukuran 9 cm x 5,5 cm 
  3. <<read more>>
    2. Klik pada objek kotak menggunakan Pen Tool kemudian perhatikan properti bar diatas,Pada propertis Corner Roundness ganti 0 menjadi 5 yang bertujuan agar sisi pojok pada kotak agar lebih melengkung…

    Properties Pen Tool

    3. Klik Fill Tool - Pilih Fountain Fill Dialog (menberikan warna gradient pada objek)

    Setelah itu Muncul Panel seperti berikut:

    Pengaturan Fountain Fill

    Ganti beberapa propertis yang diberi tanda diatas : 
    - Type : Gradient 
    - Angle : -90 
    - From : Blue 
    - To : Cyan 
    - Tekan tombol OK 

    4. Butlah persegi panjang (kotak dengan garis kuning) dengan menggunakan BEZIER TOOL,  Sehingga membentuk objek seperti gambar dibawah ini:
    5. Klil Pada SHAPE TOOL  kemudian Blok Objek (1) > KLIK KANAN – TO CURVE (agar garis tersebut dapat dilengkungkan)

    6. Tarik Garis Lurus tersebut hingga melengkung sesuai dengan keinginan anda

    Beri warna pada objek tersebut sesuai keingginan anda kemudian...

    7. Pilih INTERACTIVE TRANSPARENCY TOOL untuk memberikan efek transparan pada objek (1)

    8. Klik pada Objek 1 kemudian Tarik Garis hingga membentuk transparansi objek seperti dibawah ini:

    9. Kemudian buat 2 garis Lurus menggunakan BEZIER TOOL seperti gambar dibawah dan ulang efek seperti langkah di atas..

  4. Terakhir tambahkan Teks sesuai dengan apa yang ingin anda isikan dalam kartu nama tersebut..hingga menjadi kartu nama yang berguna dan bermutu

8.membuat logo AC Milan
  1. Langkah - Langkahnya: 
  1. Aktifkan Ellipse Tool (F7)  kemudian buat objek elips dan beri warna merah. kemudian buat objek elips lagi tapi ukurannya lebih kecil dengan warna putih dan letakan ditengah elips merah. Tips : agar tepat berada di tengah-tengah, pilih saja kedua objek (elips merah dan putih) kemudian tekan huruf P pada keyboard.

    <<read more>>
  2. Masih dengan ellips tool, buat objek lingkaran sambil menekan ctrl agar objek benar-benar bulat. Kemudian kita belah menjadi dua dengan Knife Tool  dengan cara klik di Garis atas dan bawah lingkaran. Setelah menjadi dua bagian, beri warna merah untuk sebelah kiri dan putih untuk kanan.
  3. Aktifkan Graph paper tool (D)  atur dengan columns=6 dan rows=1  pastikan snap to object sudah di centang (View-Snap To Object). 
    Buatlah diatas setengah lingkaran merah seperti ini.
  4. Drag dari P1 ke P2 dengan Pick Tool  
    kemudian pilih Intersect  
    pada tool bar kemudian delete Graph paper-nya.
  5. Pilih setengah lingkaran merah kemudian ungroup (Ctrl+U) atau pada menu Arrange-Ungroup dan beri warna hitam pada bagian a, b dan c.
  1. 6. Dengan Rectangle Tool (F6)  kita buat dua objek persegi panjang seperti gambar di bawah dan letakan di atas objek setengah lingkaran putih. 
    Pilih kedua persegi panjang tersebut, caranya pilih P1 kemudian tekan dan tahan Shift pada keyboard dan pilih P2. 
    Kemudian di Weld 
    Pilih setengah lingkaran putih dan objek yang kita Weld tadi, 

    kemudian pilih Intersect  dan beri warna merah.Delete hasil weld-nya.

    7. Selanjutnya kita buat lingkaran yang sedikit lebih besar dari lingakaran pertama, 
    kemudian gunakan fasilitas Fit Text To Path yang berada pada Menu Text, kita tuliskan "ACM" dengan jenis font Verdana kalo ukurannya disesuaikan saja. 
    Kemudian gunakan Pick Tool untuk memilih Text Orientation-nya menjadi
    Selanjutnya pisahkan objek lingkaran dan tulisan ACM (Arrange-Break Text Apart) dan hapus lingkarannya.

    8. Untuk membuat tulisan "1899" sama seperti membuat "ACM" hanya Path-nya bukan lingkaran tapi garis lengkung. 
    Caranya : aktifkan Pen Tool   klik di kanan dan kiri (untuk mengakhiri tekan ESC), 
    dengan Shape Tool (F10)  klik satu kali pada garis kemudian pilih Convert Line To Curve

    Pada garis tengah klik dan drag ke bawah, jika sudah lengkung gunakan Fit Text To Path  pada Menu Textdan ketikan "1899" (font=Arial, ukuran=disesuaikan sendiri) 
    kemudian Arrange-Break Text Apart dan hapus path lengkungnya.











13.                Toolbox di Coreldraw
  1. Tool Box di Coreldraw
    1. Pick Tool = Untuk menyeleksi, mengubah ukuran, dan juga memutar arah objek gambar.
    2. Shape Edit
    a) Shape : Menyunting bentuk objek gambar.
    b) Smudge Brush : Mengubah / mendistorsi keseluruhan gambar dengan menarik garis tepinya.
    c) Roughen Brush : Mengubah / mendistorsi keseluruhan outline bentuk gambar dengan menarik garis tepinya.

    <<read more>>
    d) Free Transform Tools : Mengubah objek gambar menggunakan rotasi(pemutaran posisi) bebas, rotasi sudut, mengubah ukuran dan, dan juga memiringkan bentuk gambar.
    3. Crop Tool
    a) Crop : Menghilangkan bagian yang tidak diinginkan dalam objek.
    b) Knife : Mengubah / mendistorsi keseluruhan gambar dengan menarik garis tepinya.
    c) Erase : Menghapus area dalam gambar.
    d) Virtual Segment Delete : Menghapus suatu bagian objek yang berada dalam persinggungan(interseksi).
    4. Zoom
    a) Zoom : Mengubah perbesaran gambar dalam jendela gambar.
    b) Hand : Mengatur bagian gambar yang tampil di dalam jendela gambar.

    5. Curve
    a) Freehand : Menggambar segmen atau kurva dalam bentuk garis tunggal.
    b) Bezier : Menggambar kurva dalam bentuk garis tunggal per titik (node).
    c) Artistic Media Tool : Memunculkan fungsi pembuat bentuk(pena), seperti brush(efek kuas dengan pola pulasan tertentu), Sprayer(efek cat semprot), Calligraphic(efek pena kaligrafi), dan Pressure(efek pena teknik yang akan membentuk garis tepi tanpa lengkung).
    d) Pen : Menggambar kurva dalam sebuah segmen pertitik(node).
    e) Polyline : Menggambar garis dan kurva dalam modus preview.
    f) 3 Point Curve : Menggambar kurva dengan menentukan titik awal dan akhir, lalu titik pusat kurva.
    g) Interactive Connector : Menggabungkan dua objek dengan sebuah garis.
    h) Dimension : Menggambar garis secara vertical, horizontal, bersudut, dan miring.
    6. Smart Tools
    a) Smart Fill : Untuk menciptakan objek dari sebuah area lalu mengisikannya dengan warna atau tekstur.
    b) Smart Drawing : Untuk mengubah coretan pointer yang anda gambar ke bentuk dasar atau bentuk yang wujudnya lebih halus.
    7. Rectangle
    a) Rectangle : Untuk membentuk segi dan kotak.
    b) 3 Point Rectangle : Untuk membentuk segi dan kotak dengan menyusunnya per titik.
    8. Ellipse
    a) Ellipse : Untuk menggambar elips dengan lingkaran.
    b) Hand : Mengatur bagian gambar yang tampil di dalam jendela gambar.
    9. Object
    a) Polygon : Untuk membentuk polygon dan bintang secara simetris.
    b) Star : Untuk membentuk bintang.
    c) Complex Star : Untuk membentuk bintang dengan bentuk yang lebih kompleks dengan persinggungan sudut.
    d) Graph Paper : Untuk membentuk serupa tabel atau susunan kotak-kotak seperti pada kertas gambar teknik.
    e) Spiral : Untuk membentuk spiral(per) secara simetris dan logaritmis.
    10. Perfect Shapes
    a) Basic Shapes : Menyediakan aneka bentuk jadi seperti segidelapan, smiley face, hingga segitiga.
    b) Arrow Shapes : Untuk memudahkan menggambar bentuk tanda panah dengan aneka variasi bentuk, arah, dan jumlah kepala panah.
    c) Flowchart Shapes : Untuk memudahkan menggambar bentuk flowchart(bagan).
    d) Banner Shapes : Untuk memudahkan menggambar bentuk pita dan symbol ledakan.
    e) Callout : Untuk memudahkan menggambar bentuk balon bicara dan label.
    11. Text Tool = Untuk membuat teks langsung di area gambar baik yang berfungsi sebagai teks artistic
    maupun keterangan.
    12. Interactive Tools
    a) Interactive Blend : Untuk membentuk segi dan kotak
    b) Interactive Contour : Untuk membentuk segi dan kotak dengan menyusunnya per titik.
    c) Interactive Distortion : Untuk mendistorsi objek secara push/pull, zipper, dan twister.
    d) Interactive Drop Shadow : Untuk menyisipkan bayangan ke dalam objek.
    e) Interactive Envelope : Untuk mengubah bentuk objek dengan menarik titik(node) pada outline.
    f) Interactive Extrude : Untuk membentuk ilusi kedalaman pada objek.
    g) Interactive Transparency : Untuk menyisipkan efek transparan pada objek.
    13. Eyedropper
    a) Eyedropper : Untuk menyeleksi dan menyalin property yang terkait dari sebuah objek, seperti warna(isi dalam objek), garis, ketebalan garis, ukuran, dan efek.
    b) Paintbucket : Untuk menerapkan property yang terkait dari sebuah objek, seperti warna(isi dalam objek), garis, ketebalan garis, ukuran, dan efek; yang diambil lewat eyedropper tool, ke objek lainnya.
    14. Outline
    a) Outline Pen Dialog : Untuk mengakses boks dialog outline pen.
    b) Outline Color Dialog : Untuk mengakses boks dialog pengaturan warna outline.
    c) No Outline : Untuk menghilangkan outline dari sebuah objek.
    d) ½ Point Outline : Untuk membentuk ketebalan garis ½ point.
    e) 1 Point Outline : Untuk membentuk ketebalan garis 1 point.
    f) 2 Point Outline : Untuk membentuk ketebalan garis 2 point.
    g) 8 Point Outline : Untuk membentuk ketebalan garis 8 point.
    h) 16 Point Outline : Untuk membentuk ketebalan garis 16 point.
    i) 24 Point Outline : Untuk membentuk ketebalan garis 24 point.
    j) Color Docker Window : Untuk membuka docker untuk pengaturan warna dan outline objek.
    15. Fill Tools
    a) Fill Color Dialog : Untuk mengakses boks dialog pengaturan cat(pengisi bagian dalam objek) dari sebuah objek.
    b) Fountain Fill Dialog : Untuk mengakses boks dialog pengisi warna dan gradasi ke dalam objek.
    c) Pattern Fill Dialog : Untuk mengakses boks dialog pengisi pola ke dalam objek.
    d) Texture Fill Dialog : Untuk mengakses boks dialog pengisi tekstur ke dalam objek.
    e) Post Script Fill Dialog : Untuk mengakses boks dialog pengisi gambar post-script ke dalam objek.
    f) No Dialog : Untuk menghilangkan unsur pengisi dari sebuah objek.
    g) Color Docker Window : Untuk membuka docker untuk pengaturan warna dan outline objek.
    16. Interactive Fill
    a) Interactive Fill : Untuk mengisi aneka fill(pengisi objek) ke dalam sebuah objek.
    b) Interactive Mesh : Untuk menerapkan garis-garis jejaring pada objek.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar